Capaian Pembelajaran (CP) Informatika Fase E & Fase F SMA/MA/SMK/MAK Terbaru
Hallo sahabat-sahabat parian.. berikut ini adalah Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran informatika Fase E dan Fase F untuk SMA/SMK berdasarkan Surat Pengantar BSKAP Nomor 11 52/H3/SK.02.01/2023 Tanggal 4 September 2023 :
CAPAIAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA
FASE E
(Berdasarkan Surat Pengantar BSKAP Nomor 11
52/H3/SK.02.01/2023 Tanggal 4
September 2023)
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Berpikir
Komputasional |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
memahami validitas sumber data, memahami konsep struktur data dan algoritma
standar, menerapkan proses komputasi yang dilakukan manusia secara mandiri
atau berkelompok untuk mendapatkan data yang bersih, benar, dan terpercaya,
serta menerapkan struktur data dan algoritma standar untuk menghasilkan
berbagai solusi dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur kompleks dengan
volume tidak kecil, dan menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam
format pseudocode yang dekat dengan bahasa komputer; mampu memahami model dan
mensimulasikan dinamika Input Proses Output dalam sebuah komputer Von
Neumann, serta memahami peran sistem operasi. |
Literasi
Digital |
Pada akhir fase E, peserta
didik mampu memahami penggunaan mesin pencari dengan variabel yang lebih
banyak, mengetahui ekosistem periksa fakta untuk memilah fakta dan bukan,
menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi berbagai informasi
digital, memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta
analisis dan interpretasi data, mampu memahami konsep dan penerapan serta
konfigurasi keamanan dasar untuk konektivitas jaringan data lokal dan
internet baik kabel maupun nirkabel, memahami pemanfaatan media digital untuk
produksi dan diseminasi konten, partisipasi dan kolaborasi; mampu menghargai
hak atas kekayaan intelektual, mengenal profesi bidang Informatika, memahami
penerapan digitalisasi budaya Indonesia, menyaring konten negatif di dunia digital,
menerapkan pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi, dan menerapkan
autentikasi dua langkah secara sederhana, menerapkan konfigurasi privasi dan
keamanan pada akun platform digital. |
Analisis
Data |
- |
Algoritma
dan Pemrograman |
- |
CAPAIAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA
FASE F
(Berdasarkan Surat
Pengantar BSKAP Nomor 11
52/H3/SK.02.01/2023
Tanggal 4 September 2023)
Pada akhir fase F peserta didik mampu
menerapkan proses berpikir sistemik, efektif, efisien, dan optimal untuk
memodelkan dan mendapatkan berbagai solusi penyelesaian persoalan yang dapat dijalankan
oleh mesin secara optimal menggunakan library atau perangkat yang tersedia,
melakukan penyempurnaan program komputer, memahami pengolahan data lanjut, dan menerapkan
verifikasi beragam informasi secara lateral, serta menerapkan prinsip keamanan
digital tingkat lanjut.
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Berpikir
Komputasional |
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi
digital, menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal,
menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi
algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan
dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari
setiap alternatif solusi, kemudian memilih dan menerapkan solusi terbaik,
paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih
kompleks dan abstrak; selain itu juga mampu mengenali berbagai model jaringan
komputer, pengiriman data antar perangkat dalam jaringan komputer dan
troubleshooting permasalahan jaringan komputer |
Literasi
Digital |
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu memahami penggunaan mesin pencari untuk melakukan riset,
mengevaluasi kebenaran konten menggunakan verifikasi teks, gambar dan video,
menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi informasi digital yang
kompleks, mampu merancang kebutuhan sistem komputer sesuai kebutuhan
pengguna, memahami konsep dan penerapan serta konfigurasi keamanan lanjut
untuk konektivitas jaringan data lokal dan internet baik kabel maupun
nirkabel, mengkreasi konten digital dengan peralatan dan metode yang
bervariasi; mampu memahami hukum dan perundangan terkait isu digital di Indonesia, memahami pemanfaatan
teknologi digital dalam demokrasi, pengelolaan kata sandi dengan manajer kata
sandi dan menerapkan autentikasi dua langkah dengan beragam moda, memahami
pemanfaatan platform lokapasar, perbankan digital, dompet digital beserta
aspek keamanannya. |
Analisis
Data |
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu memanfaatkan sumber data yang terbuka, terpercaya, dan legal
untuk mengolah data untuk pengambilan keputusan dan prediksi secara efektif,
efisien, dan optimal tanpa atau dengan komputer |
Algoritma
dan Pemrograman |
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu memahami konsep strategi algoritmik, mengembangkan program
komputer terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain berdasarkan
strategi algoritmik yang tepat. Selain itu mampu mengembangkan, melakukan
pemeliharaan, dan penyempurnaan algoritma standar ke dalam kode sumber
program dengan memperhatikan kualitasnya; serta mampu merancang dan
mengimplementasi sebuah program yang menggunakan struktur data kompleks,
tepat menggunakan library atau perangkat yang tersedia. |
Komentar
Posting Komentar